Hari / Tanggal = Senin 10 Maret 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
💫 peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
💫 1.3.1 Peserta didik dapat membandingkan panjang dari 2 obyek benda (Lebih panjang dan lebih pendek, lebih tinggi dan lebih rendah, lebih jauh dan lebih dekat, sama panjang)
💫 1.3.2 Peserta didik dapat menentukan Panjang benda dengan satuan tidak baku💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
💫Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.Peserta didik mampu memaknai kosakata baru Capaian Pembelajaran.dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik dapat menceritakan kembali cerita yang di dengar .
2. . Apersepsi
Alhamdulillah selama menjalankan ibadah puasa ananada sholeh sholeha tetap semangat dalam proses pembelajaran , Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu P5 "ecoprint " untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia bab 6 " Membaca dan Menuis " dan pembelajara matematika " alat ukur baku dan tidak baku " .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 6
" Menyimak dan Berbicara "
Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:
- Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
- Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
- Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita.
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
" Pengukuran"
2. Jenis-Jenis Pengukuran
-
Pengukuran Panjang
- Mengukur panjang benda menggunakan alat ukur tidak baku, seperti jengkal tangan, langkah kaki, pensil, atau tali.
- Mengukur panjang benda menggunakan alat ukur baku, seperti penggaris atau meteran.
-
Pengukuran Berat
- Mengukur berat benda dengan alat ukur tidak baku, seperti dengan tangan atau timbangan sederhana (misalnya batu vs kapas).
- Mengukur berat benda dengan alat ukur baku, seperti timbangan.
-
Pengukuran Isi atau Volume
- Mengukur isi benda cair menggunakan alat ukur tidak baku, seperti gelas atau sendok.
- Mengukur isi benda cair menggunakan alat ukur baku, seperti gelas ukur atau botol bertanda takaran.
3. Alat Ukur yang Digunakan
- Penggaris untuk mengukur panjang.
- Meteran untuk mengukur jarak yang lebih panjang.
- Timbangan untuk mengukur berat benda.
- Gelas ukur untuk mengukur volume cairan.
4. Perbandingan Pengukuran
- Membandingkan panjang benda menggunakan jengkal, langkah, atau penggaris.
- Membandingkan berat benda dengan cara diangkat atau menggunakan timbangan.
- Membandingkan isi benda cair dengan menuangkannya ke dalam wadah yang sama.
5. Contoh Kegiatan Pengukuran dalam Kehidupan Sehari-hari
- Mengukur tinggi meja dengan jengkal.
- Mengukur berat tas sekolah dengan cara diangkat.
- Mengukur banyaknya air dalam botol dengan gelas.
Semoga bermanfaat! 😊
Satuan Baku dan Tidak Baku
1. Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku
- Satuan Baku adalah satuan yang hasilnya tetap dan sama di mana saja karena menggunakan alat ukur yang pasti.
- Satuan Tidak Baku adalah satuan yang hasilnya bisa berbeda karena bergantung pada siapa yang mengukur dan alat yang digunakan.
2. Contoh Satuan Baku dan Tidak Baku
Jenis Pengukuran | Satuan Baku | Satuan Tidak Baku |
---|---|---|
Panjang | Meter (m), Centimeter (cm) | Jengkal, hasta, langkah kaki |
Berat | Kilogram (kg), Gram (g) | Batu, genggaman tangan |
Isi / Volume | Liter (L), Mililiter (mL) | Gelas, sendok, botol |
3. Perbedaan Satuan Baku dan Tidak Baku
Perbedaan | Satuan Baku | Satuan Tidak Baku |
---|---|---|
Hasil Pengukuran | Selalu sama | Bisa berbeda |
Alat Ukur | Penggaris, timbangan, gelas ukur | Jengkal, langkah kaki, sendok |
Penggunaan | Digunakan dalam pengukuran resmi | Digunakan dalam kehidupan sehari-hari |
4. Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari
- Mengukur panjang meja
- Dengan satuan tidak baku: menggunakan jengkal tangan
- Dengan satuan baku: menggunakan penggaris
- Mengukur berat tas sekolah
- Dengan satuan tidak baku: mengangkat dan membandingkan dengan benda lain
- Dengan satuan baku: menggunakan timbangan
- Mengukur air dalam botol
- Dengan satuan tidak baku: menggunakan gelas atau sendok
- Dengan satuan baku: menggunakan liter (L) atau mililiter (mL)
5. Kesimpulan
- Satuan baku lebih tepat dan hasilnya selalu sama.
- Satuan tidak baku mudah digunakan tetapi hasilnya bisa berbeda-beda.
- Kita bisa menggunakan satuan baku untuk pengukuran yang lebih akurat.
Materi ini bisa diajarkan dengan kegiatan praktik langsung, seperti mengukur benda di kelas dengan jengkal dan penggaris untuk memahami perbedaannya. 😊
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
latihan soal matematika
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama :
Kelas :
yuk kita tuliskan pesan moral dari cerita monyet dan kura kura bersama teman sekelompok mu yaa ...1. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang meja dengan satuan baku adalah…
a. Jengkal tangan
b. Penggaris ✅
c. Langkah kaki
2. Satuan tidak baku untuk mengukur tinggi pintu adalah…
a. Meter
b. Centimeter
c. Depa ✅
3. Timbangan digunakan untuk mengukur…
a. Panjang
b. Berat ✅
c. Isi
4. Jika ingin mengukur jumlah air dalam botol, satuan baku yang digunakan adalah…
a. Sendok
b. Liter ✅
c. Gelas
5. Mengukur panjang papan tulis dengan langkah kaki menggunakan satuan…
a. Baku
b. Tidak baku ✅
c. Standar
B. Soal Isian
6. Satuan baku yang digunakan untuk mengukur berat benda adalah kilogram atau gram. ✅
7. Jika ingin mengukur panjang pensil, alat yang paling tepat adalah penggaris. ✅
8. Mengukur banyaknya air dalam gelas menggunakan satuan tidak baku seperti sendok atau gelas. ✅
9. Contoh satuan tidak baku dalam mengukur panjang adalah jengkal dan hasta. ✅
10. Meteran digunakan untuk mengukur panjang benda yang besar, seperti kain atau tinggi badan. ✅
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika
- Satuan Baku adalah satuan yang hasilnya tetap dan sama di mana saja karena menggunakan alat ukur yang pasti.
- Satuan Tidak Baku adalah satuan yang hasilnya bisa berbeda karena bergantung pada siapa yang mengukur dan alat yang digunakan.
Untuk kesimpulan mapel bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
mahami materi suku ada 2 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran matematika deng Materi " mengeksplorasi banyak benda" .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke2 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari 11 Maret 2025 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika .
Wassalamuaaliakum ... | |
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar