Minggu, 09 Maret 2025

Materi Ajar, Senin 10 Maret 2025

           Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS 

Hari / Tanggal              = Senin 10 Maret  2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Bahasa Indonesia ,  Matematika 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Diskusi Kelompok 

Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb 

Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd, 


1.   Capaian Penbelajaran Matematika  :

    💫   peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :

    💫 1.3.1        Peserta didik dapat membandingkan panjang dari 2 obyek benda (Lebih panjang dan lebih pendek, lebih tinggi dan lebih rendah, lebih jauh dan lebih dekat, sama panjang)

💫 1.3.2   Peserta didik dapat menentukan Panjang benda dengan satuan tidak baku

💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia

    💫Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.Peserta didik mampu memaknai kosakata baru Capaian Pembelajaran.dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia 

 💫 Peserta didik dapat menceritakan kembali cerita yang di dengar .

2. . Apersepsi 

Alhamdulillah selama menjalankan ibadah puasa ananada sholeh sholeha  tetap semangat dalam proses pembelajaran , Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu P5 "ecoprint "  untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia bab 6 " Membaca dan Menuis "  dan pembelajara matematika  " alat ukur baku dan tidak baku "  . 

3. Materi ajar

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 

BaB 6

Menyimak dan Berbicara "


💫Bahasa Indonesia 
💥Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari: 
  • Membaca
    Kemampuan memahami dan menafsirkan bahasa tertulis. Membaca merupakan proses perubahan lambang-tanda tulisan menjadi bunyi yang bermakna. 
  • Menulis
    Kemampuan menyampaikan pikiran, gagasan, dan informasi melalui bahasa tulis. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan
    
   Menyimak bercerita dapat diartikan sebagai aktivitas mendengarkan dengan saksama ketika seseorang sedang bercerita. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam terhadap isi cerita, menangkap makna, dan merespons dengan tepat.

Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:

  1. Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
  2. Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
  3. Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita. 

💫Matematika 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Matematika 

" Pengukuran" 



  💥Pengukuran adalah kegiatan untuk mengetahui panjang, berat, atau isi suatu benda dengan cara membandingkannya dengan alat ukur atau benda lain.

2. Jenis-Jenis Pengukuran

  1. Pengukuran Panjang

    • Mengukur panjang benda menggunakan alat ukur tidak baku, seperti jengkal tangan, langkah kaki, pensil, atau tali.
    • Mengukur panjang benda menggunakan alat ukur baku, seperti penggaris atau meteran.
  2. Pengukuran Berat

    • Mengukur berat benda dengan alat ukur tidak baku, seperti dengan tangan atau timbangan sederhana (misalnya batu vs kapas).
    • Mengukur berat benda dengan alat ukur baku, seperti timbangan.
  3. Pengukuran Isi atau Volume

    • Mengukur isi benda cair menggunakan alat ukur tidak baku, seperti gelas atau sendok.
    • Mengukur isi benda cair menggunakan alat ukur baku, seperti gelas ukur atau botol bertanda takaran.

3. Alat Ukur yang Digunakan

  • Penggaris untuk mengukur panjang.
  • Meteran untuk mengukur jarak yang lebih panjang.
  • Timbangan untuk mengukur berat benda.
  • Gelas ukur untuk mengukur volume cairan.

4. Perbandingan Pengukuran

  • Membandingkan panjang benda menggunakan jengkal, langkah, atau penggaris.
  • Membandingkan berat benda dengan cara diangkat atau menggunakan timbangan.
  • Membandingkan isi benda cair dengan menuangkannya ke dalam wadah yang sama.

5. Contoh Kegiatan Pengukuran dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Mengukur tinggi meja dengan jengkal.
  • Mengukur berat tas sekolah dengan cara diangkat.
  • Mengukur banyaknya air dalam botol dengan gelas.

Semoga bermanfaat! 😊

Satuan Baku dan Tidak Baku

1. Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku

  • Satuan Baku adalah satuan yang hasilnya tetap dan sama di mana saja karena menggunakan alat ukur yang pasti.
  • Satuan Tidak Baku adalah satuan yang hasilnya bisa berbeda karena bergantung pada siapa yang mengukur dan alat yang digunakan.

2. Contoh Satuan Baku dan Tidak Baku

Jenis PengukuranSatuan BakuSatuan Tidak Baku
PanjangMeter (m), Centimeter (cm)Jengkal, hasta, langkah kaki
BeratKilogram (kg), Gram (g)Batu, genggaman tangan
Isi / VolumeLiter (L), Mililiter (mL)Gelas, sendok, botol

3. Perbedaan Satuan Baku dan Tidak Baku

PerbedaanSatuan BakuSatuan Tidak Baku
Hasil PengukuranSelalu samaBisa berbeda
Alat UkurPenggaris, timbangan, gelas ukurJengkal, langkah kaki, sendok
PenggunaanDigunakan dalam pengukuran resmiDigunakan dalam kehidupan sehari-hari

4. Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Mengukur panjang meja
    • Dengan satuan tidak baku: menggunakan jengkal tangan
    • Dengan satuan baku: menggunakan penggaris
  • Mengukur berat tas sekolah
    • Dengan satuan tidak baku: mengangkat dan membandingkan dengan benda lain
    • Dengan satuan baku: menggunakan timbangan
  • Mengukur air dalam botol
    • Dengan satuan tidak baku: menggunakan gelas atau sendok
    • Dengan satuan baku: menggunakan liter (L) atau mililiter (mL)

5. Kesimpulan

  • Satuan baku lebih tepat dan hasilnya selalu sama.
  • Satuan tidak baku mudah digunakan tetapi hasilnya bisa berbeda-beda.
  • Kita bisa menggunakan satuan baku untuk pengukuran yang lebih akurat.

Materi ini bisa diajarkan dengan kegiatan praktik langsung, seperti mengukur benda di kelas dengan jengkal dan penggaris untuk memahami perbedaannya. 😊


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
5.  Evaluasi  
💥 Bahd=sa Indonesia 

Menyimak Cerita 

 "  Singa dan Tikus" 
    

latihan soal matematika

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas : 

yuk kita tuliskan pesan moral dari cerita monyet dan kura kura bersama teman sekelompok mu yaa ... 
                                
💢Matematika 

1. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang meja dengan satuan baku adalah…
a. Jengkal tangan
b. Penggaris ✅
c. Langkah kaki

2. Satuan tidak baku untuk mengukur tinggi pintu adalah…
a. Meter
b. Centimeter
c. Depa ✅

3. Timbangan digunakan untuk mengukur…
a. Panjang
b. Berat ✅
c. Isi

4. Jika ingin mengukur jumlah air dalam botol, satuan baku yang digunakan adalah…
a. Sendok
b. Liter ✅
c. Gelas

5. Mengukur panjang papan tulis dengan langkah kaki menggunakan satuan…
a. Baku
b. Tidak baku ✅
c. Standar


B. Soal Isian

6. Satuan baku yang digunakan untuk mengukur berat benda adalah kilogram atau gram. ✅
7. Jika ingin mengukur panjang pensil, alat yang paling tepat adalah penggaris. ✅
8. Mengukur banyaknya air dalam gelas menggunakan satuan tidak baku seperti sendok atau gelas. ✅
9. Contoh satuan tidak baku dalam mengukur panjang adalah jengkal dan hasta. ✅
10. Meteran digunakan untuk mengukur panjang benda yang besar, seperti kain atau tinggi badan. ✅


6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika 

  • Satuan Baku adalah satuan yang hasilnya tetap dan sama di mana saja karena menggunakan alat ukur yang pasti.
  • Satuan Tidak Baku adalah satuan yang hasilnya bisa berbeda karena bergantung pada siapa yang mengukur dan alat yang digunakan.

Untuk kesimpulan mapel bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 

Kesimpulan pembelajara

    Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.

mahami materi suku  ada 2 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran matematika deng Materi " mengeksplorasi banyak benda" .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke2 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik 

Demikian pembelajaran hari 11 Maret 2025  kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika .




Wassalamuaaliakum ...    







Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Senin 10 Maret 2025

              H ari / Tanggal                   =  Senin 10 Maret  2025 Kelas                                       :  1 A   Mapel          ...