Peserta didik mampu manfaatkanan tutup botol bekas, sebagai media pembelajaran dapat menumbuhkan semangat dan motivasi siswa.
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat memahami dan mempraktikan Melalui tema gaya hidup berkelanjutan , para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pemnfaan barang bekas dengan contoh tutup botol untuk lebihb di manfaatkan kembali menjadi kerya yang sangat menarik .
1. 💥 Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Pendidikan Pancasila " aku suka bergotong royong " dan P5.Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 ( Gaya hidup berkelanjutan " ")
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Hallo, Hou are you today??
Kita lanjutkan pembelajaran hari ini ya. Hari ini pembelajaran p5 kali ini kita akan membahas tentang alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pemeliharaan ikan lele dan kangkung di dalam ember.
Semoga project kita kali ini berhasil dan dapat dipanen sesuai dengan yang kita harapkan.
2. . Materi ajar
💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Let’s check this video
P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
Yukk kita simak tepuk P5
Berikut ini
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu " Kutanam Sayuran "
P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat
Manfaat yang di dapatkan dari pembelajaran P5 ini diantaranya :
Menimbulkan ide kreatif bagi tiap anak.
Memanfaatkan barang bekas.
Pembelajaran pentingnya daur ulang benda yang sudah tidak terpakai.
Menimbulkan kerja sama dan kekompakkan antar peserta kelompok.
Bersilaturahmi.
Anak jadi mengetahui wilayah rumah temannya.
Anak terlepas sementara dari pengaruh hape dan game online.
Anak belajar untuk mengendalikan diri agar tidak merasa mau menang sendiri.
karya hiasan dari tutup botol menjadi bunga
karya hiasan dari tutup botol menjadi tas
kaerya tutup botol bekas menjadi hiasan dinding
💫 Kepada Ananda sholeh sholeha untuk Hari Untuk Dapat Membuat Kerajinana Appun itu menggunakan Tutup Botol
contoh kerajinana dari Tutup Botol
Selamat membuat kerajinana Ananda sholeh sholeha
Evaluasi
💥 Kesimpulan pembelajaran p5 ialah dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan , para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pemnfaan barang bekas dengan contoh tutup botol untuk lebihb di manfaatkan kembali menjadi kerya yang sangat menarik . biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 27 Mei 2024 yaitu Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar