Hari / Tanggal = Kamis 21 Maret 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan P5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. v Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila
💫Peserta didik mampu Peserta didik dapat menyebutkan dan mempraktikan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan di rumahnya serta menampilkan sikap kerja sama dalam menjaga lingkungan sekitar rumahnya
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💢1.3 Mengidentifikasi peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.dirumah, masyarakat dan di sekolah
💢 Capaian Pemnbelajaran P5
Peserta didik mampu manfaatkanan tutup botol bekas, sebagai media pembelajaran dapat menumbuhkan semangat dan motivasi siswa.
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat memahami dan mempraktikan Melalui tema gaya hidup berkelanjutan , para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pemnfaan barang bekas dengan contoh tutup botol untuk lebihb di manfaatkan kembali menjadi kerya yang sangat menarik .
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu aljabar dan jeneis jenis alat musik ( melodis, ritmis dan harmonis) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila " aku suka bergotong royom=ng " dan Pembelajaran P5 .
3. Materi ajar
Pendidikan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.
Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama.
Jadi gotong royong juga memiliki keterkaitan dengan tolong menolong atau saling membantu yang bisa dilakukan antar anggota
- Kerja Bakti.
- Tanggap Bencana.
- Musyawarah.
- Panen Raya.
- .
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Manfaat yang di dapatkan dari pembelajaran P5 ini diantaranya :
- Menimbulkan ide kreatif bagi tiap anak.
- Memanfaatkan barang bekas.
- Pembelajaran pentingnya daur ulang benda yang sudah tidak terpakai.
- Menimbulkan kerja sama dan kekompakkan antar peserta kelompok.
- Bersilaturahmi.
- Anak jadi mengetahui wilayah rumah temannya.
- Anak terlepas sementara dari pengaruh hape dan game online.
- Anak belajar untuk mengendalikan diri agar tidak merasa mau menang sendi
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
\
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari "Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.
Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama. .
Se kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang " Kearifan Lokal " P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahamiMenimbulkan ide kreatif bagi tiap anak dan Memanfaatkan barang bekas.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 22 Maret 2024 kita yaitu P5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar