Hari / Tanggal = Senin 12 Februari 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫 Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali nmenggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Elemen Capaian Pembelajaran
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 2.1 peserta didid dapat Menyimak, Membaca dan Memirsa,
💫2.2 Peserta didik dapat Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis
💥 💥 Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila
v Peserta didik mampu mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💢Peserta didik mampu menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar, serta mempraktikkannya di rumah dan di sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 mengidentifikasikan dan menuliskan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah dan menjaga lingkungannyah.
💫 1.2mengidentifikasi dan memehami wilayah NKRI dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu sudah melaksanakan pengajian peringatan Isra mi'raj di masjid SD al azhar " .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia "Membedakan Keinginan dan Kebutuhan dan Pendidikan Pancasila tentang "Negara Kesatuan Republik Indonesia "
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
1. ga: gadis, ganteng, gambar
2. ge: gelas, gemuk, gerak
3. gi: gigi, gitar, gimnastik
4. go: gol, gondok, gorila
5. gu: guru, gula, gulung
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan.
ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
- Ruang Keluarga. Bagian rumah selanjutnya yang akan kita bahas adalah ruang keluarga atau ruang tengah. ...
- Ruang Makan. ...
- Dapur Rumah. ...
- Kamar Tidur. ...
- Kamar Mandi. ...
- Ruang Ibadah. ...
- Gudang. ...
- Taman Rumah.
5. Evaluasi
Nama :
Kelas :
Petunjuk !
lengkapilah suku kata pada benda berikut !
LKPD P. Pancasila
Nama:
Kelas :
Petunjuk!
a. Perhatikan kalimat di bawah
ini!
b. Beri tanda (√) pada
perbuatan yang baik.
c. Beri tanda (X) pada
perbuatan yang tidak baik.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ), melafakna hurf "H " dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan Tanda Seru ! ) dengan membuat kalimat perintah dan kalimat tanya dengan baik dan benar .
Selanjutnya kesimpulan dari materi tentang "Negara Kesatuan Republik Indonesia " Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 13 Januari 2024 kita yaitu mapel Matematik dan Bahasa Indonesia .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar