Hari / Tanggal = Senin 20 November 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang
dikenali nmenggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab,
dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa)
dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu
mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan
gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi
informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks
narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
Elemen Capaian Pembelajaran
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 2.1 peserta didid dapat Menyimak, Membaca dan Memirsa,
💫2.2 Peserta didik dapat Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis
💥 Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila
💫Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
💫 1.2Mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💫1.3 Menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta
mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembe;lajaran P5 dengan Tema " Gaya Hidup Berkelanjutan " .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 2 " Ayo Bermain "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Pendidikan Pancasila Bab 2 tentang "Negara Kesatuan Republik Indonesia "
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
et’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
💢Yuk membaca Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
💢 Berikut contoh kalimat perintah !
1. Dilarang Mencoret- coret dinding itu !
2. Tolong ambilkan ambilkan kueitu edo !
💢Berikut contoh kalimat tanya !
1. Edo apakah kamu hari ini membawa buah -buahan ?
2. Lani sudah siapkah kamu mengikuti lomba menghias sepeda ?
- Seorang anak wajib menjaga nama baik keluarga. ...
- Seorang anak wajib berbakti dan mematuhi orang tua. ...
- Seorang anak wajib menghargai semua anggota keluarga. ...
- Seorang anak wajib membantu kedua orang tua. ...
- Seorang anak wajib belajar di rumah.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan
Z ), melafakna hurf "H " dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan
Tanda Seru ! ) dengan membuat kalimat perintah dan kalimat tanya dengan
baik dan benar .
Selanjutnya kesimpulan dari materi tentang "Negara Kesatuan Republik Indonesia " hak adalah kuasa menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu. Sementara
Demikian
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk
pembelajaraan di hari esok 21 November 2023 kita yaitu mapel Matematik dan Bahasa Indonesia .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar